Hore! Instagram Bisa Mengunggah Foto dan Stories lewat Web

57

Fast reader silahkan pergi! Dibaca normal hanya butuh 2 menit dari hidupmu.

Beberapa hari lalu tersebar berita di media-media internasional seperti Verge, kalau sekarang bisa mengunggah stories tanpa memasang aplikasi Instagram sekalipun di gawai, hanya ke URL instagramdotcom saja. Logikanya kalau di gawai bisa unggah stories tanpa install aplikasinya sekalipun. Berarti bisa dong unggah via dekstop. Iseng saya mencoba unggah stories di komputer dan yes berhasil. Shock ketika melihat ada tombol + untuk unggah foto. Antarmukanya persis seperti aplikasi sebenar-benarnya. Deg-deg-an saya klik dan mencoba memilih salah satu foto, kemudian saya tekan tombol share. OMG ini sebuah mukjizat *koprol ke kutub utara* *halah lebay* Padahal fitur unggah foto via web sudah beberapa bulan yang lalu dirilis sama Instagram. Telat euy.

Fitur yang semua orang damba-dambakan akhirnya dirilis juga sama aplikasi kesayangan. Bermain Instagram itu merupakan passion dan butuh effort yang lebih. Passion, namanya juga hobi fotografi jadi saya unggahnya yang indah-indah. Yang saya unggah adalah foto yang terbaik menurut saya. Effort, ini yang paling ribet. Pertama hunting, kemudian transfer file dari kamera ke komputer, dan diedit pake aplikasi kesukaan, setelah puas dengan hasil editannya, transfer balik gawai lagi, kalau pakai iPhone harus kirim email karena nggak bisa bebas transfer ke gawai, iPhone mah gitu nyusahin. Ribet khaaaaan, yekaaaaaaan!!! Belum lagi kalau kabel data keselip di mana gitu. Atau pas lagi dipinjem orang tapi kagak dibalikin.

Instagram sendiri bagi saya adalah tempat portofolio hobi fotografi saya, masak ganteng-ganteng gini gallery Instagramnya kacrut. Gatau kalau kamu yang unggahnya suka-suka seenak jidat. Segala foto selfie gak menarik diunggah, segala foto burem diunggah, segala foto gak jelas dipajang, segala kancut diunggah. Akun kayak gitu unfollow saja, blok kalau perlu, nyepet-nyepeti moto.

Dengan fitur unggah foto Instagram via web tentu saja menghemat waktu dan menjadi penolong anak Instagramer zaman now seperti saya. Dulu ada sih aplikasi penggunggah Instagram via dekstop yaitu Grablr tapi nggak nyaman dan suka error. Kalau cara ini nggak pakai install apapun. Terus bagaimana​ caranya unggah foto pakai komputer atau laptop? Tenang, ambil cemilan dulu, pecahan beling sama paku payung enak kayaknya.

Nggak perlu install apapun, cukup komputer atau laptop dengan koneksi internet. Pastikan kuota masih ada. Juga peramban, saya menggunakan Opera, tapi tenang fans berat Chrome bisa kok. Untuk Firefox saya sudah lama cerai, tapi sepertinya bisa. Apalagi Edge yang bawaan Microsoft, keberadaan Edge hanyalah untuk unduh peramban lain dan kelar hidupnya.

  • Buka peramban dan ketik di URL address www.alidabdul.com, eh salah URL. Harusnya ke www.instagram.com. Login seperti biasa.
  • Tampilannya seperti Instagram pada umumnya kan. Now let’s the magic begin. Klik kanan di sembarang tempat dan pilih “Inspect element” atau kalau di Chrom hanya “Inspect”.
  • Akan muncul jendela kode-kode di layar kanan. Abaikan! Kamu nggak akan ngerti. Kayak gebetan yang memang susah dimengerti. Huvt.
  • Tekan “Toogle device toolbar” untuk menampilkan web versi dekstop Instagram menjadi versi mobile.
  • Pilih sembarang device, mau Galaxy S kek mau iPhone kek terserah. Kemudian tekan F5 atau refresh.
  • Jreng-jreng, tampilan mirip banget dengan aplikasi Android atau iPhone. Selamat kamu sudah bisa unggah stories atau foto pake komputer.

Kekurangannya:

  • Untuk stories terbatas, hanya bisa kasih tulisan saja dan warna tanpa bisa blok warna latar tulisan. Stiker unyu dan lutjuh-lutjuh juga tidak ada.
  • Untuk unggah foto fitur filter bawaan Instagram juga tidak ada. Ah saya sejak bertahun-tahun lalu juga sudah melupakan filter bawaan Instagram.
  • Nggak bisa upload multiple picture.

Kesimpulannya adalah: KAMU SUDAH FOLLOW INSTAGRAMKU BELOM? @alidabdul @mas.alidΒ  GAK USAH MINTA FOLBEK SEBAB TOMBOL FOLBEKKU RUSAK WAKAKA. DAN NGAPAIN JUGA NULIS POSTINGAN TUTORIAL BEGINI -___-

57 COMMENTS

  1. kalo mau lebih cepet lagi, bisa install extension chrome ua spoffer
    juga bisa milih device android sampe ios
    jadi gak perlu inspect element lagi deh πŸ˜€

  2. Waaa setahuku cuma upload poto via web. Ternyata bisa juga buat story. Oh ya, kubaca ini:
    Pertama hunting, kemudian transfer file dari kamera ke komputer, dan diedit pake aplikasi kesukaan, setelah puas dengan hasil editannya, transfer balik gawai lagi.

    Begitulah perjalanan panjangnya, belum lagi saat ngedit gitu kudu nyeragamin warna tone feed galery wkwk. Eh mas berarti sampeyan bukan anak livepost?

  3. Simpulannya aku belum follow yang mas alid. Cuma numpang ngelike aja, ojo diblock yo buahahahahha.

    Sekalinya bisa unggah lewat destop, jadi gak perlu ribet kirim ke gawai, dan lainnya. Edit selesai unggah. πŸ˜€

  4. Sebenernya sampe skr aja nyobain yg stories dr hp ga pernah mas :D. Ntahlah, aku tipe yg memang ga suka terlalu eksis di medsos kali yaa.. Kalo mau upload pun, jrg secara live :D. Beda ama salah satu temen jalanku, dikit2 update, dikit2 upload, trs stress sendiri kalo hasilnya kurang bgs wkwkwkwk.. Aku yg ngeliat jg stress krn jd stuck di situ hihihi

  5. Walah pie to iki? Padahal saya ini lagi bikin software buat windows biar bisa instagraman di PC dengan fitur lengkap (termasuk pasang story dan upload foto). Software nya belum jadi lha kok jebule web official nya instagram lagi berbenah masang fitur itu tadi. Nangis :'(

  6. Apa-apaan ini. AKu malah lagi ngerti iki mas. Sumpah!
    *Sungguh ketinggalan jaman sekali*

    Dulu taunya cuma bisa buat nyecroll timeline, komen doang. Misal pengen upload, itupun kudu install software tambahan, kaya bluestack. Daaaan, itu makan RAM gedhe banget. Bikin laptop ngadat-ngadat ngga jelas.

    Ikuti tutorialnya dulu coba lah xD

  7. Haha jadi inget, dulu kan belom pake android, mau coba IGan lewat PC, katanya mesti donlot aplikasi apalahapalah, aku lupa. Dicobain gak bisa-bisa. 2 tahun berselang, udah canggih aja si IG πŸ˜€

Leave a Reply