Membandingkan Promo di Tiga Situs Online Travel Agent

39

Fast reader silahkan pergi! Dibaca normal hanya butuh 4 menit dari hidupmu.

Semua penggemar saya tahu kalau saya adalah traveler yang selalu bepergian dengan mengandalkan tiket-tiket promo. Maklum saja dompet saya cekak jadi harus pintar-pintar mencari tiket semurah-murahnya. Sekarang ini banyak sekali situs-situs Online Travel Agent yang memberikan banyak promo menarik seperti potongan harga untuk tiket pesawat dan kamar hotel. Racun memang!

Hampir setiap bulan ada saja promosi untuk menggaet pelanggan sesuai dengan tema bulanan. Sebagai traveler yang cerdas tentu saja saya selalu melakukan komparasi antar Online Travel Agent sebelum memutuskan untuk membeli. Mana yang lebih murah itulah yang saya ambil. Untuk promo Online Travel Agent di bulan Februari ini saya melakukan riset kecil-kecilan di tiga situs Online Travel Agent teratas di Indonesia yaitu Traveloka, Tiket.com dan Pegipegi.


 

 

TRAVELOKA

Traveloka adalah salah satu Online Travel Agent langganan saya karena mereka tidak menarik biaya pemesanan. Dan di Traveloka ini lumayan kasih banyak promo di bulan Februari, contohnya promo Harga Jujur dan Travel Free.

Harga Jujur

β€œBukan cuma murah, ini harga jujur!” banner promo dengan tulisan besar di laman Traveloka tersebut membuat saya penasaran untuk klik bannernya dan menemukan ada DISKONAN di dalamnya.

harga_jujur_traveloka

Karena jualan tiket pesawat dan kamar hotel, jadinya Traveloka menggabungkan dua produknya ini. Menurut keterangannya kalau beli tiket pesawat bisa dapat diskon buat pemesanan kama hotel. Jadi, kalau kamu beli tiket pesawat di bawah 1 juta, bisa dapat diskon hotel 100 ribu rupiah. Tapi kalau belinya di atas 1 juta, diskonnya lebih besar lagi yaitu 200 ribu rupiah. Lumayan kan? Tapi, hotelnya juga harus minimal 400 ribu rupiah baru bisa pakai potongan harga ini. Hmm…

Promo Harga Jujur ini masih berlaku sampai 28 Februari 2015. Jadi masih ada kesempatan sampai akhir bulan ini untuk merencanakan liburan.

Travel Free

Travel Free? Liburan Gratis? Siapapun itu pasti mupeng dan ngiler kalau denger kata GRATISAN. Ternyata bukan gratis sepenuhnya melainkan potongan harga untuk tiket pesawat dan kamar hotel khusus pengguna kartu kredit BNI. Nah loh racun banget kan, secara saya pengguna kartu kredit BNI.

Kamu akan dapat potongan 40 ribu rupiah kalau beli tiket pesawat minimal 1 juta rupiah dan diskon 10% kalau pesan kamar hotel minimal 1 juta rupiah. Yah, lumayan lah. Dan promo Travel Free ini berlangsung hingga tanggal 6 Mei 2015. Jadi, kalau nggak ada duit, masih ada kesempatan sampai Mei untuk menabung dan merencanakan liburan.


 

TIKET.COM

Sama seperti Traveloka, saya juga ambil dua promo di bulan Februari untuk komparasi, yaitu Tantangan Harga dan Citilink Week.

Tantangan Harga

Promo ini menantang orang-orang yang bisa menemukan harga lebih murah dari yang mereka tawarkan. Tantangan ini berlangsung sampai 28 Februari 2015.

tantangan harga tiket

Tiket.com berani kasih potongan harga 50 ribu rupiah sampai 100 ribu rupiah buat yang bisa menemukan Online Travel Agent lain dengan harga lebih murah. Menarik, tapi ternyata ribetnya minta ampun untuk proses klaimnya.

Pertama, kamu harus sudah beli tiket pesawat atau pesan kamar hotel di Tiket.com, kemudian dalam satu jam kamu harus bisa menemukan harga lebih murah di Online Travel Agent lain.

Tiket pesawat atau kamar hotel yang kamu bandingkan harganya harus sama persis, mulai dari periode terbang atau menginap, fasilitas sampai jumlah penumpang pesawat atau tamu hotel. Nah, klaim ini bisa kamu lakukan maksimal 24 jam dari waktu pembelian di Tiket.com, sementara untuk membandingkan dengan tempat lain cuma dikasih waktu 1 jam. Cabe deh.

Semua bukti screenshot harus dikirim via email. Nanti kalau klaim kamu mendapat persetujuan, akan ada kode voucher potongan harga untuk pembelian selanjutnya yang dikirim via email. Loh kok pembelian selanjutnya? Ladalah, ternyata bukan potongan harga untuk tiket pesawat yang sudah dibeli. Melainkan vouchernya baru bisa digunakan untuk pembelian selanjutnya. Errr…

Citilink Week

Promo ini masih lebih mending daripada promo Tiket.com sebelumnya yaitu Tantangan Harga yang syarat dan ketentuannya ribet bingit. Kalau yang Citilink Week ini, Kamu langsung dapat potongan 50 ribu rupiah untuk setiap pemesanan tiket pesawat Citilink tanpa minimum transaksi.

Dan promo ini hanya berlaku setiap hari Jumat, Sabtu dan Minggu di bulan Februari. Satu lagi, kuota promo ini terbatas hanya untuk 150 pembeli pertama setiap harinya. Jadi, kamu harus benar-benar mengandalkan faktor keberuntungan di sini alias mesti rebutan dengan pelanggan lain. Haduh!


 

PEGIPEGI

Online Travel Agent terakhir yang menjadi objek riset saya adalah Pegipegi. Untuk Pegipegi, saya ambil dua promonya yaitu Promo Mizone dan Promo BRI.

Promo Mizone

Pegipegi bekerjasama dengan Mizone dan Indomaret memberikan potongan harga kepada pelanggan sampai dengan 100 ribu rupiah untuk pemesanan kamar hotel saja. Caranya mudah.

promo mizone pegipegi

Cukup beli 3 botol Mizone Fres’In di Indomaret, simpan struk yang di dalamnya terdapat kode unik. Masuk ke halaman khusus seperti yang tertera di struk, masukkan email dan kode uniknya. Selanjutnya, kode voucher akan dikirimkan ke email. Voucher hanya bisa digunakan untuk pemesanan kamar hotel minimal 400 ribu rupiah. Promo Mizone ini berlangsung sampai 31 Maret 2015.

Promo BRI

Promo lainnya dari Pegipegi adalah hasil kerjasama dengan BRI. Kalau Promo Mizone hanya memberikan voucher diskon untuk hotel, Promo BRI ini memberikan diskon untuk hotel dan juga tiket pesawat.

Promo hanya berlaku untuk pemegang kartu kredit BRI. Tapi, diskon ini beda-beda tergantung jenis kartu kredit yang digunakan. Maksimal diskon yang diberikan adalah sebesar 15% untuk pemesanan hotel dengan minimal 1,5 juta rupiah, dan 30 ribu rupiah untuk tiket pesawat. Promo ini berlangsung sampai 31 Mei 2015.

 

Jadi mana promo yang paling baik?

Menurut ngana mana yang paling menarik promonya? Saya yakin sebagian orang menghindari promo yang syarat dan ketentuan ribet. Silahkan pilih dan langsung saja cek di website Online Travel Agent masing-masing dan pilih promo yang sesuai denganmu.

Terus menabung dan terus berburu tiket murah biar bisa liburan murah!

39 COMMENTS

  1. Kadang, perjuangan mendapat tiket murah itu lebih kejam dari perjuangan keluar dari KRL yang padat penumpang. Tapi hasilnya sebanding dengan perjuangannya :haha

  2. Oh kak alid masih cari tiket murah ??? #dikeplak hahahaha.
    Gw kalo cari tiket promo langsung maskapai nya, jarang buka situs2 macam ini tapi kata temen gw diskon nya lumayan. Kadang suka ngiler kalo dapat tambahan diskon sampai 200 ribuan hehehe

    • Duh om klo aku kaya raya mah gak bakalan cari tiket murah om #sawatduitsemilyar

      Dulu sih begitu suka langsung ke situs maskapainya om, tapi percaya atau nggak lewat OTA begini bisa lebih murah loh, entah 10rb 20rb, kan lumayan.

      Kadang di situs maskapainya kan klo beli pake cc yang terbang harus yang punya cc. Klo di OTA ini bebas om, soalnya sering beliin buat orang lain hehe

      • Eh lumayan juga yaaa, OK kalo gitu gw ikutin cara lw dech.Lumayan banget 20 ribuan bisa buat makan πŸ™‚
        Seriusan selama ini gw ngak kepikir kesana, yaa beli2 aja di maskapai nya

  3. Masing-masing punya kelebihan kok. Tinggal kecermatan kita berburu . Tapi yang metode pembayarannya banyak pilihan biasanya akan masuk prioritas utama untuk di buka pertama :))

  4. Favorit saya selalu Traveloka karena harganya selalu paling murah dan udah nett
    Bahkan kadang suka dikurangin beberapa ratus rupiah diujung sebagai penanda booking πŸ˜€
    Salam kenal Mas Alid, biasanya saya silent reader nih sekarang ikut nimbrung komen hehe

  5. sering dapat tiket murah di traveloka, banyak promonya juga. ngebantu backpacker banget haha jangan lupa daftar di newsletter-nya situs2 penjual tiket biar update terus soal promo

  6. Artikel yang bagus…
    Terimasih infonnya..
    Coba cari tiket pesawat di http://iseekprice.com aja biar gak ribet, ini situs perbandingan harga dan rekomendasi harga dari berbgai toko online.. banyak promonya loh… Barang/jasa apapun bisa kamu bandingkan harganya
    Makasih

  7. Perasaan kemarin terakhir booking tiket pesawat AIrasia ke Jepang charge untuk CCnya guede banget sampe 150rb Untuk satu tiket perorang jadi walo sekali booking 3 orang ya biaya CC jadi 450rb kejamm..Wahh mau dibatalin tpi emang itu tiket promo murah..mau beli langsung di AA Sarinah Thamrin takut gak kebagian tiket promo..klo di Traveloka gak kena charge Biaya CC ya?

    Pernah booking tiket kereta api dah bandingin tiket.com, Traveloka sama padiciti…akhirnya padiciti keluar sebagai pemenang biaya charge CC terendah cmn 3200 rupiah untuk satu tiket kereta api jkt-bandung.

  8. Menurut saya sih MMBC yg Paling kreenn.. Paling utamanya.. Banyak org terbantu dalam pbayaran. Pemesanan tiket bagi yg tidak tau online. Luar biasanyaahh.. Terbantu banyak orh bisa punya usaha travel agent ssndiri. Modal kecil hasil besar.

Leave a Reply