Selamat Ulang Tahun Blogku yang Ke-4

48

13 Januari 2011 saya membeli domain alidabdul[dot]com dan mulai ngeblog dengan bangga karena sudah memiliki dotcom sendiri untuk menggantikan blog lama saya di alidabdul.wordpress.com. Tapi postingan pertama saya justru saya posting tanggal 18 Januari 2011, pasalnya saya butuh hingga 5 hari untuk instal dan setting tetek bengeknya.

Tidak terasa sudah 4 tahun saya ngeblog di dotcom ini, tapi saya sendiri memulai ngeblog sekitar tahun 2007 di platform gratisan, jadi kalau ditotal jendral saya sudah ngeblog selama 8 tahun #huwik. Walau awal-awal ngeblog dulu tulisan saya seputar hal-hal absurd dan tidak penting, jaman-jaman itu rasanya semua blogger alay berkiblat pada Raditya Dika, termasuk saya. Baru ketika membeli domain saya putuskan untuk menulis tentang traveling.

Tujuan saya ngeblog awalnya buat keren-kerenan biar nggak ketinggalan jaman. Maklum saya dulu termasuk penggemar yang namanya teknologi informasi, hina rasanya kalau waktu itu nggak gaul teknologi informasi. Kalau sekarang ditanya tujuan saya apa saya masih akan tetap menjawab biar keren. Maklum, nggak banyak anak kampung seperti saya punya blog dotcom. Saat ini blog saya bertemakan traveling, sekali lagi kalau ditanya kenapa saya ngeblog tentang traveling. Ya karena saya mau pamer, iniloh saya habis jalan-jalan dari sini hahaha.

alidabdulvektor

Saya mendapat teman dan saudara banyak dari blogging, teman-teman saya pun pasang surut, berganti-ganti, dan hilang di telan bumi. Rata-rata teman-teman saya dulu masih SMP dan SMA, beberapa masih ngeblog dan berhubungan baik sampai saat ini, dan beberapa entah kemana. Kami tumbuh bersama dan menjadi orang-orang hebat di jalan masing-masing. Ah mungkin sehabis ini saya akan lacak mereka satu persatu 😀

Kita dulu rasanya bebas banget menulis tanpa beban, bahkan menulis tentang jamban sekalipun itu sah. Saya juga banyak belajar menulis, dulu pertama kali posting hanya sepatah dua kata, tambah beberapa kalimat, naik derajat menjadi satu paragraf, dan akhirnya bisa menulis beberapa paragraf. Tanda baca dan lain sebagainya nggak kita perhatikan, yang penting hajar menulis dan posting, tidak peduli aturan saklek. Kami semua bermetamorfosis dan belajar bersama-sama. Walau saya akui tulisan saya sekarang masih acak kadut hwehehehe.

Yang namanya lomba blog jaman dahulu itu jarang banget, kalau sekarang banyak blogger yang quiz hunter, mereka akan posting kalau ada lomba. Jaman dahulu komunitas blogger juga masih bisa dihitung dengan jari dan hanya ada di kota besar, sekalipun ada kopdar pun kita nggak bisa menghadiri karena duit saja masih nebeng orang tua. Jaman dahulu ngeblog itu menyenangkan karena dahulu masih jarang sponsor atau iklan-iklan yang menggoda kita semua untuk matre. Iya kami ngeblog murni karena memang hobi. Satu-satunya penghargaan bagi kami adalah ada yang baca dan meninggalkan komentar, itu saja kami senangnya bukan main, serta dapat award berantai.

Dulu ramai yang namanya Blogger Award Berantai, jadi satu orang blogger membuat postingan tentang Award dan menunjuk 5 orang blogger lainnya untuk posting award dan seterusnya sampai tidak berakhir. Dengan award tersebut kita semua makin kenal dengan blogger-blogger baru. Dan saya termasuk yang malas mengerjakan award tersebut, lah seminggu kadang dapat award tiga sekaligus saking banyak yang ngefans ke saya #ditabok

Saya percaya jika saya melakukan suatu hal yang saya sukai tanpa berharap apapun, rejeki akan datang menghampiri dengan sendirinya. Masih ingat betapa dulu saya mati-matian cari warnet hanya untuk sekedar posting cerita yang sangat tidak penting, karena saya suka jadi dibawa senang saja. Sekarang blog saya kadang-kadang mendapat job review, itupun juga nggak sering-sering amat. Setahun kadang satu atau dua kali. Saya memang pilih-pilih kerjaan yang sesuai dengan hati saya. Bayarannya pun lumayan untuk memperpanjang nyawa domain dan hosting.

Selain teman dan saudara, dari blog saya pernah memenangkan beberapa lomba dengan hadiah flashdisk, senangnya bukan main walau cuma flashdisk. Kemudian pernah juga dapat handphone. Terus pernah menjadi peserta My Selangor Story dan terbang ke Malaysia untuk plesir gratis dan ketemu blogger-blogger Malaysia dan Singapura. Dan masih banyak lagi penghargaan-penghargaan lainnya. Ah menyenangkan

Nggak ada tips dan trik untuk ngeblog, yang jelas konsisten untuk menulis dan blogwalking itu saja. Konsisten itu susah sekali dan moody. Saya sendiri termasuk blogger murtad alias yang jarang posting, terbukti walau sudah 4 tahun di dotcom ini hanya 141 tulisan yang saya hasilkan. Satu-satunya jalan adalah harus dipaksa untuk menulis.

Tidak ada hadiah khusus buat ulang tahunmu yang keempat, hanya janji akan selalu giat menulis dan posting mungkin yang kau inginkan. Selamat ulang tahun blogku, semoga semakin jaya!!! Salam pramuka!!!

48 KOMENTAR

  1. panjangnyaaa.. jadi males mau baca. #ehh

    selamat ultah alidabdul.com.. moga terus berisi dan berinformasi!!

    kok foto mu harus ngak pake baju????

  2. Waaahhh.. Selamat ulang tahun alidabdul.com. Semoga makin rajin berbagi di blog dan makin banyak rejeki buat traveling.

    Kalau aku awal ngeblog sih nulis tentang Aceh karena banyak bgt orang yg mengasihaniku karena aku kerja di Aceh. Pengen nunjukin ke orang-orang kalau Aceh itu indah, gak seperti yang dikira banyak orang.

  3. Ihiyy yang ulang tahun blog… Congrats ya udah bertahan selama 8 tahun demi arep pamer, ehmm meski pernah diragukan foto photoshop-mu ojo berkecil hati yo Lid. Aku percoyo bupati Jombang tetep mendukungmu hahahaha.

  4. Selamaaat ulang tahuun buat blognya kak :3
    Beneer banget yang namanya konsisten susahnya minta ampun, belum lagi mesti bagi waktu sama yang lain (baca tugas kulyeah wkwkwk)
    Doain bentar lagi ikutan migrasi ke .com yaa kak biar ikutan ngehits kayak kamu :3

    Salam semangat dari imalavins.blogspot.com 😀

  5. Selamat ulang tahun blognya Alid ^_^

    Kalau ibaratnya anak, usia 4 tahun itu masih lucu2nya. Semoga kedepannya lebih sering nulis blognya, lebih mantap lagi isi materinya, dan makin banyak job reviewnya.

    Yang dari hati juga akan sampai ke hati #Halah
    Kalau ngeblognya sambil senang-senang, yang baca biasanya juga ikut senang.

  6. Dirgahayu alidabdul.com! Makin jaya & berkibar di dunia per-blogging-an! Btw aku suka nih headernya, merah menyala! Vektornya juga asik 🙂

  7. Happy birthday blog nya Alid.. biar afdol gw tulis disini juga yah setelah di Path tadi pagi.. bikin tekad kaya gw dulu Lid, kalo bakal ada perayaan ultah blog ke lima, enam, tujuh dan seterusnya.. kalo gw punya mimpi bakal bikin pesta ulang tahun meriah saat blog gw berumur 17 tahun. hahahahaa

  8. Selamat ultah blognya Alid, semoga makin inspiratif….

    (Postingan ttg Jepangnya, menginspirasi ku buat berani jalan-jalan di Jepang sendirian, berkat inpoh dari blog Alid).

    Semoga blognya tetap Berjaya!!

Tinggalkan Balasan