Sensasi Snorkeling di Air Keruh Pantai Nglambor

72

Fast reader silahkan pergi! Dibaca normal hanya butuh 2 menit dari hidupmu.

“Serius ada pantai di Gunungkidul yang bisa dibuat snorkeling?” Saya sempat histeris begitu mendengar fakta tersebut. Secara pantai di selatan Jawa kan ombaknya ganas-ganas. Gunungkidul di Yogyakarta beberapa tahun belakangan ini mulai ngehits dengan wisata pantainya yang kece-kece. Nggak hanya satu tapi tercatat ada 69 pantai dari ujung timur sampai ujung barat. Dan saya yakin pantai di Gunungkidul bertambah di kemudian hari. Akan bermunculan banyak pantai dengan embel-embel surga tersembunyi atau pantai perawan, pantai gadis, pantai janda. Halah.

pantai-nglambor-gunungkidul-alid-abdul

Saya sendiri sudah dua kali ke Gunungkidul, tapi belum mencicipi pantainya sama sekali. Dulu sempat cave tubing di Kalisuci dan ke Goa Jomblang. Kebetulan liburan panjang kemarin saya ke Yogykarta lagi bersama lima manusia ajaib. Berhubung belum pernah ke pantai di Gunungkidul saya mengiyakan saja ketika rombongan mengajak snorkeling di Pantai Nglambor.

pantai-nglambor-gunungkidul-alid-abdul-2

Dari parkiran kita diharuskan jalan kaki beberapa menit untuk menuju ke pantai. Yang manja silahkan naik ojek dengan tarif super murah, hanya lima ribu. Saya dong setrong jalan kaki sampai pantai, tapi baliknya ngojek wakakaka.

pantai-nglambor-gunungkidul-alid-abdul-4

Pantesan pantai ini memungkinkan untuk aktivitas snorkeling. Lha wong pantainya membentuk teluk, apalagi ada dua buah batu karang besar menyerupai kura-kura raksasa yang menghalangi ombak. Jadi ombak yang super garang langsung tenang ketika sampai bibir pantai karena menghantam batu karang besar. Belakangan saya tahu nama kedua batu karang tersebut adalah “Watu Kalong” dan “Watu Kuntul”.

pantai-nglambor-gunungkidul-alid-abdul-3

Di Nglambor terlihat beberapa operator snorkeling, bodohnya rombongan kami tidak survey harga dulu. Saya pikir harganya sama karena mungkin dikelola paguyuban. Sudah terlanjur, kami bayar lebih mahal 5000, padahal ada yang harganya cuma 45 ribu hiks.

pantai-nglambor-gunungkidul-alid-abdul-5

Dengan harga segitu kami mendapat satu set alat snorkeling berupa; snorkel, pelampung, sepatu karet, dan foto underwater yang akan dikirim via email. Jangan dikira bisa seenaknya bersnorkeling ria sebab durasi yang diberikan operator hanya satu jam saja. Satu jam saja bercumbu denganmu, satu jam saja ku dimanjakanmu, satu jam saja ku bercumbu rayu, satu jam saja bercinta denganmu. Mana bisa orgasme kalau cuma satu jam saja *dikeplak*

pantai-nglambor-gunungkidul-alid-abdul-11

Saatnya nyemplung. Byuuuurrr … omegat wow amazing … airnyaaaaa … awesome butheknya. Gimana nggak keruh, lha wong semua manusia berenang di spot yang sama. Ke tengah dikit dilarang ke pinggir dikit dilarang. Bahaya katanya. Baiklah kami nurut. Kalau begini caranya sih nggak usah sewa alat snorkeling juga bisa berenang sendiri. Toh kami juga bawa GoPro kalau cuma mau foto di air.

pantai-nglambor-gunungkidul-alid-abdul-7

pantai-nglambor-gunungkidul-alid-abdul-6

pantai-nglambor-gunungkidul-alid-abdul-8

Alamak buthek, tepok jidat

Sirna sudah harapan bisa berfoto cyantique dengan ikan-ikan dan terumbu karang. Sejauh mata memandang hanya pasir yang berterbangan dalam air. Beruntung bukan terumbu karang yang hidup di bibir pantai, melainkan hanya bebatuan mati. Coba saja kalau terumbu karang yang indah itu pasti sudah rusak kena injakan pengunjung.

pantai-nglambor-gunungkidul-alid-abdul-10

Satu jam tidak terasa kami main air sambil bercanda. Kami mentas dan membersihkan diri serta bersiap-siap kembali ke Yogyakarta. Menjelang malam ada email masuk dari operator yang berisi foto-foto kami, sayang file yang dikirim sudah melalui proses kompres dan editan. Saya mencoba meminta file berukuran asli tapi sampai sekarang email saya belum ditanggapi.

pantai-nglambor-gunungkidul-alid-abdul-9

Anak lanang kalau main suka sampai berdarah-darah kejedot batu

Kalau hanya untuk main air, basah-basahan, dan berenang ceria bersama teman atau keluarga; bolehlah Pantai Nglambor bisa jadi pilihan tempat rekreasi. Tapi kalau mau beneran snorkeling mending cari tempat lain daripada kecewa berat. Supaya liburan ke pantai makin asyik, saya rekomendasikan bawa 8 barang wajib berikut ini.

Happy traveling!

72 COMMENTS

  1. Pantai janda 69 gitu kayak nya keren yaaa hahaha. Pasti otak ngeresss trus yg boleh berjemur main di sana para janda dan duda yg cari mangsa #GagalFokus

  2. sekilas ngeliat foto pertama diatas, gw jadi gak yakin kalo pantai kaya gitu bisa dibuat snorkeling. begitu baca sampe kebawah ternyata bener. wkwk

    snorkeling yang enak tuh di area pantai utara. kalo yg pantai selatan mah cocoknya buat berselancar
    😀

  3. Olala, baru kali in ngerti snorkeling yang didelok cumak pasir thok… 🙂 Sing penting iso cebar cebur karo pepotoan dalam air, yo…

  4. Batuan itu kayaknya emang terumbu karang… terumbu karang yang udah mati… 🙁
    Biar bagus lagi ya baiknya tempat itu ditutup untuk umum, kalo tiap hari diobok-obok gitu ga bakalan tumbuh lagi terumbu karangnya…

    • Blogku bukan travel guide jadi gak perlulah ditulis numpak angkot jurusan mulyorejo terus numpak bis mudun gresik lanjut numpak jet mudun mars. Aslinya wis biru jeeengg. Keju guweh manaaaaaaaah

  5. Snorkeling beda ya sensasinya dengan nyebur thok.
    Saya sudah beberapa kali snorkeling di Ambon. Lumayan puas, karena air laut di Indonesia Timur jernih banget dan ikannya banyak. Ikan warna warni lagi, puas deh.

  6. saya cuma dapat tugas motret mas… abis itu pulang hehe… Kalo sepi lebih asik mas… ndak keruh hehe,… tapi kalo saya mending ke Ngandong mas hehe… mata lebih terjaga hehe,…. *-*

  7. wakakakakwakaka….

    Luar biasa orang kalo dagang ya, tapi ya gpp lah. di Jawa menurutku udah jarang pantai yang bisa snorkling bebas. Paling karimun jawa atau daerah madura mungkin ya. cmiiw

  8. Hahaha malah nyanyi dalam hati pas bagian satu jam saja -_-
    Btw pernah ke Pantai Sadranan di Gung Judul juga, banyak yg nyewain alarm snorkeling gitu tapi saya gak tertarik sama sekali karena lihat orang2 cuma snorkeling di pinggir pantai terus pas ngintip air nya gak bening2 amat jadi mendingan main air aja.

  9. Baca postingan ini jadi ikut-ikut reflek nyanyik 😮
    Kalau dibaca dari awal sampai akhir sih kayanya ga ada puas-puasnya ya mas?
    Aku pernah ngrasain dua operator snorkeling pantai nglambor itu (Paguyuban dan yang milik pribadi), semuanya ada plus minusnya masing-masing, tapi enakan yang lebih murah 5 ribu sih, enggak dibatesin waktu banget :p

    dannn duluuu emang karang-karangnya enggak gundul begitu mas, tapi mungkin karena banyak cendol, jadi batu mati semuaa

  10. eh baru tau ada pantai yang bisa dipake snorkling juga ternyata ,dulu si pernah kesana tapi sangat disayangkan ga sampai snorkling heu heu. kapan kapan kesana lagi dah kalau bgtu mah. thanks gan

  11. salam kenal mas alid. saya juga beberapa waktu lalu sempet ke nglambor. itu pas lagi baru dibuka, jalan menuju pantai ditaburi batu-batuan. mau nyelem tapi keruh makanya gak jadi sewa snorkel, cuma jalan-jalan gitu, basah-basahan. trus kaki saya juga berdarah, haha, kalo gak luka berarti belum dari nglambor *becanda* 🙂

  12. kalau ke jogja lagi coba gantian snorkeling ke umbul ponggok mas. lagi ngehits loh tempatnya. masuk kabupaten klaten, tapi lebih deket daripada pantai gunungkidul

  13. rame banget yaa,, enak banget bisa snorkeling juga.. kemarin pas lebaran mau mampir kesini tapi jalanan macet banget,, tertunda deh,, semoga tahun ini bisa mampir kesini,,

  14. selain cantik dan indah pemandangannya, tempat ini sangat cocok snorkelling dan meskipun bnyak di antara mereka yang terluka terkena batu krang..

  15. Kalau ke sini sih niatnya buat snorkeling ceria aja ya. Kalau snorkeling sambil kontemplasi mah dijamin bubar hahahaha

  16. Ya cukup puas lah waktu itu saya menyewa motor dari kota yogyakarta untuk sampai ke pantai nglambor, lelah sekali menikmati perjalanan yang tak kunjung sampai. Tapi karena saya enggak mau kecewa, tetap melanjutkan perjalanan dan akhirnya pun sampai. Ya walaupun memang benar airnya keruh.. hehe

  17. selain terlihat cantik dan juga indah pemandangannya, tempat ini juga terlihat sangat cocok buat snorkellingwalau bnyak yang terluka terkena batu krang.. 😀 😀

Leave a Reply to Euis Cancel reply