Wisata yang Seru di Jombang #GAWisataDaerahmu

95

Fast reader silahkan pergi! Dibaca normal hanya butuh 7 menit dari hidupmu.

Seringkali karena seringnya jalan-jalan ke luar negeri saya dicap tidak cinta Indonesia dan tidak bangga dengan wisata negeri sendiri. Hayo yang nuduh saya begitu apa sudah pernah pergi ke luar pulau? Minimal Pulau Madura deh, belum kan? Saya sih kalau jalan-jalan ke luar negeri suka bawa cinderamata khas Indonesia misalnya scarf batik, baju batik, sarung, atau makanan kering. Bahkan saya pernah pesan gantungan kunci sebanyak seratus buah dengan gambar wisata-wisata Indonesia untuk dibagikan ke orang asing yang saya temui di jalan. Itulah cara saya mencintai Indonesia, kurang apa coba saya?

Kehabisan souvenir di India saya pernah bagi-bagi duit pecahan dua ribu rupiah di kereta dan ramai dibahas karena Rupiah nol-nya lebih banyak dari Rupee mereka. Dari situ obrolan tentang negara saya biasanya mengalir dan saya mulai berpromosi. Aiiiih saya cocok deh jadi duta wisata Indonesia :p

Tidak dipungkiri bahwa Indonesia memiliki segudang potensi wisata baik wisata alam, budaya, serta kuliner. Dan tidak dipungkiri juga bahwa wisatawan tahunya wisata di Indonesia ya itu-itu saja. Bali, Lombok, Raja Ampat, Yogyakarta. Padahal masih banyak sekali wisata-wisata daerah yang berpotensi mengundang wisatawan.

Ringin Contong JombangRingin Contong sebagai Ikon Kabupaten Jombang

Hnah sebagai Putra Jombang sejati dan yang selalu dibangga-banggakan, berikut saya rangkum potensi wisata yang ada di Kabupaten Jombang versi saya. Hitung-hitung sebagai sumbangsih promosi wisata daerah saya untuk Indonesia Raya tercintah. Siapa tahu saya nanti dilirik sama Dinas Pariwisata Jombang dan langsung ditunjuk jadi β€œGuk” Duta Wisata Jombang tanpa syarat bhuahahaha.

Tempat terbaik untuk menikmati sunrise dan sunset di Jombang

Setiap kali jalan-jalan saya selalu berburu cahaya fajar dan senja, selain pemandangan warna langit yang memukau saya menyukai filosofi dari Sang Surya. Matahari adalah simbol dari awal, cinta, kekuatan, keikhlasan dan kesetiaan. Matahari tidak pernah berbohong, dia selalu terbit dari timur dan terbenam ke barat #tsaaah #halah

Sunrise PlosoSunrise

Di Jombang sendiri ada dua tempat favorit saya untuk menikmati matahari terbit dan terbenam. Di tanggul sungai Brantas di Ploso adalah salah satu spot terbaik untuk menikmati matahari terbit. Lokasinya pun tidak jauh dari rumah, hanya beberapa kilometer saja. Kalau senja, Tambangan Perahu di Megaluh adalah tempat terbaik untuk menikmati refleksi alam tersebut sembari menyaksikan lalu lalang aktivitas transportasi air di sana.

Sunset Tambangan MegaluhSunset

WISATA RELIGI

Makam Gus Dur di Pondok Pesantren Tebu Ireng adalah highlight Wisata Religi di Jombang, saya sendiri beberapa kali ke sana mengantar teman luar kota yang ingin berkunjung. Lama tidak kesana saya kaget dengan beberapa perubahan. Sekarang setiap peziarah harus masuk melalui gerbang belakang, dan gerbangnya begitu megah.

Saat ini di dekat Pondok Pesantren Tebu Ireng sedang dibangun Museum Islam Nusantara dengan luas 5 hektar. Saya sendiri belum tahu apa nanti isi museumnya, tunggu saja sampai dibuka pada tahun 2016 kalau tidak molor pembangunannya.

Gereja Kristen Jawi Wetan Mojowarno

Gereja Kristen Jawi Wetan di Mojowarno yang berdiri kokoh sejak tahun 1881 dan berarsitektur Belanda ini selalu menarik untuk dikunjungi. Gereja tersebut masih kokoh berdiri melawan waktu. Altarnya sendiri katanya tidak pernah diganti sejak dibangun ratusan tahun lalu. Pernah saya berkunjung ke sana mengantar blogger hits asal Semarang Mbak Zizah dan seketika itu ibu-ibu jemaat melihat kami dan menyapa. Ngobrol ngalor ngidul akhirnya kami diantar keliling gereja sampai bisa naik ke atas menara. Nanti deh kalau tidak malas saya akan menulis tentang kunjungan saya ke sana.

WISATA ALAM

Jombang punya beberapa air terjun, salah satunya Air Terjun Tretes di Panglungan Wonosalam. Air terjun tersebut letaknya di tengah hutan, jadi kalau ke sana harus trekking beberapa kilo ke dalam hutan. Selain air terjun di Panglungan bisa mampir ke Waduk yang menyejukkan mata.

Waduk PanglunganWaduk Panglungan, Source: Instagram ExploreJombang

Air Terjun Sekelip JombangAir Terjun Sekelip, Source: Instagram ExploreJombang

Kalau tidak mau bersusah payah trekking ke tengah hutan ada Air Terjun Sekelip yang masih satu Kecamatan dengan Air Terjun Tretes. Aksesnya pun lebih mudah dan terdapat tempat parkir. Hanya Tretes saja yang pernah saya kunjungi sedangkan Sekelip belum sama sekali, duh malu, gini kok ngaku Putra Jombang sejati.

Masih di Wonosalam ada Gua Sigolo-Golo, guanya sendiri hanya lubang kecil tapi pemandangan alamnya luar biasa. Dan kalau mau turun ke bawah ada Sungai Boro yang sering dipakai rafting. Ah dulu banget saya pernah ke sana dan lupa suasana alam di sana. Nanti deh saya bakalan ngetrip ke sana, iya ini adalah janji seorang Putra Jombang.

Sungai BoroSungai Boro, Source: Instagram ExploreJombang

Di Plandaan ada semacam Grand Canyon-nya Jombang yaitu Kedung Cinet, saya pernah menulis tentang ini di sini. Adalah sungai dengan batu-batu besar menyerupai stalakmit dan stalaktit. Waktu terbaik mengunjungi Kedung Cinet adalah saat musim kemarau. Kalau musim hujan jangan harap dapat pemandangan ciamik.

KULINER

Jombang memiliki segudang kuliner seru walau tidak ada yang khas karena banyak ditemui di kota lain. Tapi kalau ke Jombang tidak mencicipi kulinernya rasanya kurang afdol.

Sate Kambing Pak Slamet selalu jadi jujugan para pecinta kuliner. Dulu lokasinya tersembunyi tapi sekarang warungnya bertempat di Food Court Ringin Contong dan konon katanya sudah beberapa generasi berdiri. Harganya pun bervariasi sesuai dengan jenis sate yang dipesan, daging saja tanpa gajih atau dengan gajih. Saya selalu memesan daging dengan gajih, sate tanpa gajih rasanya kurang nendang walau terancam kolestrol haha.Supaya lebih nendang lagi bisa ditambah gulai kambing. Buka dari pukul 10 pagi sampai dengan sore.

Sate Pak Slamet Jombang

Kalau malam bisa ke Mojosongo yang terkenal dengan Nasi Kikilnya, ada dua tempat tapi yang terkenal Nasi Kikil Bu Tandur. Sebenarnya rasanya sama saja kok. Nasi panas yang disajikan dengan pincuuk daun pisang dan disiram kuah sayur lodeh campur kikil. Lauknya bisa dipilih dari daging sapi, lidah, paru, atau babat. Gleeek saya mulai lapar.

Es Degan Alpukat Jombang

Untuk minuman bisa melipir ke kawasan Universitas Darul Ulum sampai dengan GOR Jombang, karena di sepanjang trotoar itu banyak dijual Es Degan Alpukat. Slrrruuuppp segarnya air degan dicampur dengan alpukat begitu menyejukkan tenggorokan yang dahaga. Mau lebih istimewa lagi bisa ditambah buah durian. Harganya pun murah tidak sampai sepuluh ribu saja.

FESTIVAL

Setiap tahun di Jombang digelar kenDUREN, iyes pesta durian besar-besaran yang selalu ditunggu-tunggu masyarakat. Jadi ratusan durian dibentuk menyerupai gunungan dan akan diperebutkan secara gratis. Tahun ini kabarnya akan diselenggarakan di bulan Maret.

Event tahunan yang tak kalah menarik adalah Unduh-Unduh, saya pernah menuliskan tentang Unduh-Unduh di sini. Riyaya Unduh-Unduh (Hari Raya Unduh-Unduh); Unduh atau mengunduh atau panen atau sekarang bahasa kerennya berarti download, adalah sebuah perayaan rasa syukur atas panen dari hasil bumi kepada Tuhan. Acaranya dilaksanakan di Gereja Kristen Jawi Wetan dan digelar setiap Mei.

Itu sekilas tentang Jombang, sebenarnya masih ada beberapa tempat dan lokasi wisata atau kuliner yang belum saya sebutkan. Pokoknya kalau kalian mau ke Jombang silahkan saja kontak saya, nanti saya traktir es teh hahaha.

Mau GRATISAN???

Nah sekarang giliran kalian bercerita tentang potensi Wisata Daerah masing-masing, baik wisata alam, budaya, ataupun kulinernya. Ada dua kaos I LOVE JOMBANG untuk dua orang pemenang ditambah beberapa cemilan khas Jombang. Hadiah bukan merupakan sponsor dari siapapun melainkan sekian rupiah dari tabungan saya keliling dunia, tapi saya dapat diskonan gede dari @ILJMerch selaku produsen clothingan khas Jombang hehe, makasih ILJ *cipok klomoh*

Kaos ILJ

Syarat dan Ketentuan:

  1. Peserta bebas baik blogger maupun bukan asalkan merupakan Warga Negara Indonesia, jika kamu merasa berasal dari Planet Namec silahkan melipir ke pojokan. Saya ndak yakin di sana ada JNE.
  2. Ceritakan Potensi Wisata Daerah kamu di kolom komentar, tidak perlu panjang-panjang, tapi semakin detail semakin baik. Promosikan semaksimal mungkin, jual daerah kamu. Bebas mau itu wisata alam, budaya, atau kuliner. Saatnya jadi duta wisata daerah kamu
  3. Jangan lupa sebutkan nama dan akun twitter atau facebook serta domisili kamu.
  4. Share postingan ini dengan hashtag #GAWisataDaerahmu dengan mention saya @alidabdul, kalau ada foto lebih baik lagi. Tidak perlu follow akun saya karena follower saya sudah banyak, kalaupun kamu follow jangan harap minta difolbek :p
  5. Jika tidak mempunyai akun twitter bisa share di wall facebook dengan tag fans page saya @alidabdulcom dengan hashtag sama yaitu #GAWisataDaerahmu
  6. Setiap jawaban yang masuk akan saya tweet atau share melalui facebook, siapa tahu saya atau pembaca lain ada yang tertarik datang ke daerah kamu, siap-siap ya kamu traktir saya. Yup inti dari postingan ini adalah untuk lebih mengenal potensi wisata daerah yang belum tergali.
  7. Juri adalah saya, pacar saya, sahabat saya, tetangga saya, dan selingkuhan saya. Ingat keputusan juri tidak dapat digugat apalagi diganggu.
  8. Deadline adalah tanggal 14 Februari 2015 pas valentine, yang merasa valentine itu haram jangan ikutan.
  9. Pemenang akan diumumkan beberapa hari setelah deadline.

Nggak perlu contoh format dan cara menjawab kan? Saya yakin kamu sekalian sudah pintar πŸ™‚

YUK MARI BERBAGI!!!!

Postingan Giveaway ini adalah tantangan dari beberapa teman blogger yang juga mengadakan giveaway serupa. Daripada dibilang nyinyir dan sok drama mendingan saya ikutan berbagi dan menyombongkan wisata daerah saya yaitu Jombang. Yuk serbu hadiah lainnya di bawah ini!!!

GIVEAWAY INI TELAH DITUTUP

95 COMMENTS

  1. “Tidak perlu follow akun saya karena follower saya sudah banyak, kalaupun kamu follow jangan harap minta difolbek :p” <- Huahahahaha.. Ngakak aku bagian ini! Sok gak mau di-follow akun beneran nih Alid. Biasanya kan yg follow akun bot :p

  2. JOMBANG ternyata kereeen banget ya Alid. Huh. Aku selama ini belum pernah ubek2 Jombang. Biasanya cuman ngeliat pesawat2an di Taman Keplaksari, itupun lihatnya dari dalam bus menuju Pacitan πŸ™‚

  3. Hm, setelah menulis tentang potensi wisata di kampung saya di kolom komentar yang sedang membuat GA, baru ngeh betapa sexy-nya Magek dan sekitarnya. Kampung cantik di bawah kaki Bukit Barisan itu selalu memanggil saya pulang. Saya sudah menulis tentang makanan khas yang takan ditemui di RM Padang, Ngalau Kamang tempat wisata sejara dan industri kerupuk kulit di Koto Marapak. Di sini tentang apa ya?

    Rumah-rumah bergonjong dan rumah tua yang ditinggalkan..

    Teman-teman sudah pada tahu kan kalau Minangkabau itu menganut sistem kekerabatan Matrilinial, garis keturuan ditarik dari ibu. Berarti pembagian harta warisan akan jatuh ke tangan anak perempuan. Lelaki tidak punya hak waris. Jadi itu lah yang mendorong mereka para lelaki itu pergi merantau, meninggalkan kampung halaman.

    Kebiasaan merantau turun temurun ini membentuk wajah kampung-kampung di Sumatera Barat saat ini. Penduduknya kebanyakan manusia berusia lanjut. Rumah-rumah melompong bahkan banyak yang rusak karena ditinggalkan.

    Di kampung saya tak terkecuali. Di sana banyak banget rumah gadang yang runtuh dan tidak pernah diperbaiki lagi karena ditinggal penghuninya sejak lama. Teman-teman yang sugak bangunan tua bakal happy banget di sini, entah memotret atau mendengar cerita dari orang tua yang tinggal di sana.

    Ini foto-fotonya : http://eviindrawanto.com/2012/12/rumah-rumah-yang-ditinggalkan/

  4. nama : Tyaseta Rabita Nugraeni Sardjono
    twitter : @guru5seni8
    domisili : Depok

    Potensi wisata kawasan Jawa barat itu :

    di Depok sendiri ada Kubah Emas yang ada di Sawangan dan

    di Depok ada Universitas Indonesia yang bersandingan dengan Universitas Gunadarma

    di Bandung ada gedung sate
    di Lembang ada Boscha, kebun teh

    ada juga kulinernya yang enak bikin ngiler misalnya Sate Bandung, Soto Bogor, Asinan Bogor dan lain sebagainya yang nikmat dan itu bisa dinikmati di daerah masing-masing atau pada saat event wisata kuliner

    ada keunikan wisata di jawa Barat yaitu dengan batik Banten, batik Tasikmalaya, batik Sumedang, batik Indramayu, batik Garutan, batik Cirebon, batik Ciamis

    ada beberapa potensi wisata yang bisa dilihat dengan mengikuti agendanya, untuk agendanya bisa melihat tulisanku di http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com/2015/01/agenda-wisata-jawa-barat-2015.html

    terima kasih

  5. Mau ikutan aahhhhh promosi Jombang biar dapat kaos πŸ™‚
    Rumahku di kecamatan paling timur kabupaten Jombang, lebih dekat ke Mojokerto daripada ke Jombang. Tidak ada yg istimewa di desaku, rata-rata penduduk desaku berprofesi sebagai petani dan sebagain besar usaha pengolahan barang bekas (rongsokan) ada berbagai macam pengolahan limbah disana, mulai dari plastik putih berwarna, sandal, sepatu dan macam-macam (silahkan mampir).
    Didesaku tidak ada tempat wisata yang menonjol, tapi disana ada makam sesepuh desa kami yang masih dijaga hingga kini, banyak tradisi2 yang masih dijaga oleh masyarakat desa dalam menghargai keberadaan makam tersebut, main ke tempat kami akan ak ceritani lebih lengkap. Desaku tidak jauh dari Makam Mbah Sayid Sulaiman, makam yang setiap Kamis Kliwon malam Jumat Legi banyak dikunjungi orang dengan berbagai tujuan. Kalau saya kesana cari lontong lodeh πŸ˜‰ belum pernah ikutan ziarah atau ngaji dimakam itu Π‚Ρ‘e..Ρ’Ρ‘e..Ρ’Ρ‘e..β„’:D
    Kalau tentang kulinernya, tidak lengkap mampir ke kecamatan kalau tidak mampir ke warung ROSOBO, warung ini terkenal dengan 2 menu nasi rawon dan nasi rames, rasanya mantap (y).
    Agak malaman dikit tidak jauh dari warung ROSOBO ada tahu campur CAK MAT, belum ada yang mengalahkan tahu campur ini, selama saya pernah makan tahu campur dimana-mana…
    Desa saya Johowinong, kecamatan Mojoagung…
    #GAWisataDaerahKu@alidabdul

  6. Akooooh mau kaos Jombangnya hahaha *murahan*

    Nama : Adie Riyanto
    Twitter : @adieriyanto
    Fb : Adie Riyanto
    Blog : http://adiedoes.blogspot.com/

    KTPku sih masih Nganjuk, tapi tinggal udah di Jakarta (coret). Tapi hatiku masih di Nganjuk kok. Buktinya, klo mudik masih syuka halan2 dan nulis postingannya ttg pariwisata Nganjuk. Ini beberapa di antaranya yang wajib kunjung:

    Wisata Alam:
    Meski kotanya kecil, tapi banyak yang belum tahu kalau wisata alamnya banyak banget. Ada sekitar 9 air terjun (mungkin lebih, blm semuanya aku kunjungi sih) tapi yang paling hits adalah air terjun Sedudo. Konon, klo mandi di sini bisa awet muda. Kota kecil ini juga merupakan sentra bawang merah. Di utaranya, daerahnya cukup gersang. Tapi ada sumber air juga namanya Ubalan. Di situ ada gua Margo Tresno. Konon kalau ada pasangan yang bertandang di tempat tersebut, hubungannya bisa langgeng.

    Sebagai seorang pendaki, tentu diriku akan merekomendasikan Gunung Wilis dan Puncak Limas sebagai tempat mendaki yang pantang dilewatkan.

    Wisata sejarahnya juga banyak. Ada Candi Lor dan Candi Ngetos. Candi Lor ini merupakan β€˜monumen’ kemenangan perang. Sedangkan Candi Ngetos merupakan tempat Raja Majapahit, Hayam Wuruk moksa. Ada juga tempat yang pernah diinapi oleh Panglima Besar Jenderal Sudirman di Desa Bajulan, Loceret.

    Selain itu, soal kulineran, banyak banget dan murah pula. Ada nasi pecel sambal tumpang, nasi becek, dumblek, rawon, dan lain2.

    Untuk lebih jelasnya, boleh loh main2 di mari:

    Candi Lor -> http://adiedoes.blogspot.com/2012/09/angkor-wat-di-nganjuk.html
    Wisata Nganjuk -> http://adiedoes.blogspot.com/2014/08/anjak-anjuk-menuju-udik-menggapai.html
    Kuliner Nganjuk -> http://adiedoes.blogspot.com/2013/11/sejuta-rasa-di-bumi-anjuk-ladang.html

    Selamat datang di Nganjuk πŸ˜‰

  7. wakz,dari Jombang mas??salam kenal.. πŸ™‚

    ikutan ya… ^^

    Nama : HM Zwan
    Twitter : @hmzwan
    Fb : Hanna HM Zwan
    Blog : http://www.hmzwan.com
    Domisili : Asli Jombang, tempat tiinggal di Batam, sekarang sedang di Siak Riau *nomaden hehe*

    Wisata Sejarah
    Karena sekarang sedang di Siak Riau jadi sejenak mengenang satu hal yang benar-benar menjadi saksi peradaban di kota kecil Siak Sri Indrapura. The truly malay, tanah melayu yang sesungguhnya. Satu bangunan yang sempat membuat saya terbuai dengan keindahannya saat pertama kali melihat yaitu bangunan ISTANA SIAK. Merupakan kediaman resmi Sultan Siak yang di bangun pada tahun 1889 dan selesai pada tahun 1893. Terkenal dengan sebutan Istana Matahari Timur, dengan arsitek yang bercorak Melayu, Arab dan Eropa. Sampai sekarang bangunannya masih kokoh dan indah. Dan masih menjadi daya tarik wisata di kota Siak.

    link (http://www.hmzwan.com/2014/05/istana-siak-everythingonwednesday.html)

    Wisata Alam (Sungai dan jembatan Siak)
    Sungai Siak, adalah salah satu sungai terdalam yang ada di Indonesia. Sampai sekarang masih menjadi salah satu jalur transportasi kapal-kapal besar, ada kapal pembawa box besar, speedboot, dan kapal tongkang. Ada sungai siak tentunya ada jembatan siak, tergolong jembtaan baru yang baru di bangun beberapa tahun yang lalu. Jembatan Siak Tengku Agung Sultanah Latifah adalah salah satu icon pariwisata di kota Siak Sri Indrapura – Riau. Jembatan Siak berdiri kokoh diatas sungai Siak, salah satu sungai terdalam di Indonesia. Diresmikan pada tanggal 11 agustus 2007 oleh Bapak Susilo Bambang Yudhoyono. Jembatan Siak sangat berpengaruh terhadap perkembangan ekonomi dan pariwisata Kabupaten Siak. Dari atas jembatan kita bisa melihat keindahan kota dan sungai Siak.

    Link sungai Siak (http://www.hmzwan.com/2014/11/pesona-senja-di-pinggir-sungai-siak.html)
    Link Jembatan Siak (http://www.hmzwan.com/2015/01/jembatan-siak-tengku-agung-sultanah.html)

    Kalau ke Siak, jangan lupa mampir kesini ya ^^

    TErima kasih πŸ™‚

  8. Hai Kak Alid.
    Kenalin, aku Putri Sumsel #BenerinMahkotaa

    sebagai Putri Sumsel, jiwa dan raga terpanggil untuk ikutan #GAWisataDaerahmu

    Palembang “Venesia dari Timur”
    Wisata Kuliner jangan ditanya lagi. Rasanya bisa menggoyang lidah dan menambah nafsu makan. Kuliner di Palembang umumnya menggunakan daging ikan yang diolah sebagai bahan pokoknya. Hasilnya beuh, nikmat. Pempek, Model, Tekwan, Otak otak. Selain itu, ada satu makanan khas Palembang yakni Martabak HAR yang sudah berumur dan tetap populer dikalangan wong kito galo.

    selain wisata kuliner, ada beberapa tujuan wisata lain. Jembatan Ampera, Taman Purbakala Bukit Siguntang, Hutan Wisata Punti Kayu, Kambang Iwak Monpera, Pulau Kemaro hingga Museum Balaputradewa. dan gue yakin si Alid bakal selfie ditiap ikon wisata ini.

    Yuuuk ke Palembang.
    Salam.. Puteri Sumsel.

  9. Nama: Cak Oyong
    Akun Twitter: @cakoyong
    Blog: http://cakoyong.blogspot.com/
    Domisili: Jember

    Ada banyak sekali sebenarnya tempat wisata di Jember. Saya akan menuliskan disini khusus Wisata Pantai. Kita mulai dari Ujung Paling Timur sampai Ujung Paling Barat. Perlu dketahui bahwa Panjang Garis Pantai di Jember itu kurang lebih 100 km. Kalau gak percaya diukur sendiri ya…
    Pantai pertama adalah Pantai Bandealit yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Ada tiga pantai sebenarnya yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Dua yang lain adalah Pantai Nanggelan dan Pantai Cangak’an. Akan tetapi dua pantai tersebut bukan dalam area ekowisatanya melainkan dalam kawasan hutan produktif. Ketiganya memiliki akses yang susah dan tanpa penunjuk arah. Jadi jika ingin berkunjung tentu harus bersama kawan-kawan backpackeran Jember.
    Pantai selanjutnya yang berada dalam satu jalur adalah Pantai Payangan, Pantai Watu Ulo dan Tanjung Papuma. Pantai Payangan ini sangat eksotis karena memilki Pulau-pulau karang serupa dengan Tanjung Papuma. Eloknya Payangan juga karena kita bisa menikmati perkampungan nelayan. Saya pernah menuliskannya di http://goo.gl/1gAEpr dan http://goo.gl/Wf9qwH .
    Selanjutnya ada Pantai Pancer yang berada dikawasan Breakwater/Pemecah Gelombang di Puger. Ditempat ini terdapat warung Ikan Bakar Pak Matori. Selain ikan bakar kalian dapat menikmati Sop Kepala Ikannya yang aselole rasanya. Lalu sepanjang jalur lintas selatan ini kalian bisa menikmati pandan laut yang berjajar ditambah eksotiknya gundukan pasir seperti dipadang savana. Kawasan Hutan Mangrove Getem adalah wisata yang dapat kalian nikmati berikutnya. Kawasan ini direncanakan sebagai Kawasan Konservasi oleh Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan Kabupaten Jember. ke barat lagi akan kita temui Pantai Nyamplong Kobong yang beberapa hari lalu telah dilakukan pelepasliaran tukik hijau. Tulisannya dapat dinikmati di http://goo.gl/cmZDl9 . Nah, terakhir adalah Pantai Paseban yang berada dekat perbatasan Kabupaten Jember dan Kabupaten Lumajang.

  10. Hai om alid
    Nama : Chybill Ratu Anjani
    Twitter : @MissChybill
    Domisili : Depok, Jawa Barat

    Hai om, gue mau cerita soal Depok nih. Di Depok itu ada masjid kubah mas, itu tapi letaknya agak dipinggiran Depok, tepatnya di kec. Limo. Di dalam masjid juga ga ada cumam ada masjid, ada taman, sama rumah yang punya masjid. Gede banget deh, tapi bakalan macet kalo weekend. Ga jauh dari masjid kubah mas ada kampung 99 pepohonan, disana tempatnya adem, asri, bagus juga. Ada beberapa hewan, tempat buat gathering, tempat mancing juga. Di Depok juga banyak bangunan Gereja Gereja tua ( foto menyusul ). Di sini juga ada Universitas Indonesia, disana ada perpustakaan UI yang asik untuk nongkrong, ada beberapa tempat juga yang pas buat foto-foto. Kalau hari minggu ini tempat yang paling pas buat olahraga pagi. Di Depok juga bisa dibilang surganya kuliner, di jalan margonda itu ga keitung berapa tempat makannya. Cafe pun disana melimpah. Buat tempat nongkrong main skateboard juga ada tapi disisi lain kota depok tapi di dekat UI juga ada. Mall disini pun banyak, untuk tempat nginep juga banyak, hotel lumayan banyak, apartement juga banyak, kos kos an melimpah. Depok juga punya batik loh, batik khas depok, sekarang dipake sama pns di Depok. Depok juga ada kebun belimbing yang dimana belimbing itu icon Depok. Disini juga banyak sanggar kesenian betawi. Yuk main ke Depok

  11. Yang betul disini juga postingnya yaa hehehe..maaf tadi saya yg salah posting di fb (ngaku lagi!!)

    Nama : Gita Pramesari
    Twitter : @gigagita
    Domisili : Jakarta Timur

    Mau!Pokoknya kalau gratis mau…sekalian koleksi kaos-kaos dari berbagai daerah ehehehehe…semoga menaaang *crossfinger*

    So, wisata di daerah saya ya? Sudah tau Cirebon? Itu lho, kota udang, yang dipinggir laut, agak panas, tapi ngangenin..Lagu yang terkenal warung pojok sama Manuk Dadali, kenapa? karena di Cirebon banyak warung dibuat di pojokan (termasuk supermarket lho!!) dan kami masih mengusung manuk dadali terutama di tembok sekolah-sekolah, Ohiya…Manuk dadali itu Burung Garuda lho :).

    Eniwei, biar panjang tapi padat dan berbobot, di Cirebon selain bisa wisata kuliner nasi jamblang, empal, dan tahu gejrot, yang kalau kamu belum nyobain ini semua, kamu gak sah ke Cirebon! kamu juga bisa mengunjungi istana peniinggalan masa-masa jayanya Cirebon. Ada 2 istana, yaitu Kasepuhan dan Kanoman (Atau Kacirebonan).
    Untuk masuk Kasepuhan, kamu bisa langsung nemuin istana ini dengan mudahnya karena ada banyak tanda petunjuk. Ada pula masjid merah (karena dibuat dari susunan bata merah). Dan jangan sekali-kali mencoba masuk terlalu dalam ya…karena kompleks istana ini masih berpenghuni lho! Bukan..bukan yang halus halus itu…tapi sultannya beneran dan keluarganya, manusia, asli, ada kakinya πŸ˜€
    Tapi kalau masuk ke pelataran halaman belakangnya yang luas, boleh banget! Disini ada sebuah sumur yang konon katanya airnya bisa bikin awet muda.

    Lain halnya kalau kamu ke Kanoman, siap-siap untuk rada becek-becekan, karena ‘gerbang’ masuk istananya tertutupi oleh kerumunan ibu-ibu belanja dan bapak-bapak yang lagi nungguin istri-istrinya sambil makan cendol. Yap, ketutup pasar, jadi agak nyaru gituh.

    Selain itu, ada lagi situs peninggalan masa kesultanan Cirebon, salah satunya adalah Gua Sunyaragi. Supaya lebih lengkap dan lebih afdol informasinya, monggo singgah disini kaka http://www.wodowaido.com/…/a-place-called-sunyaragi.html. Daripada nanti saya bikin cerita yang lebih panjang dari postingan blognya yekan hehehe..

    Enjoy, Cirebon!! Tahu gejrot, anyone??

  12. Halo ganteng, aku asli Cianjur, cuma telah menghabiskan waktu 6 tahunan lebih di Medan jadi, aku mau promosi Medan aja, Cianjur tetap di hati, tapi cuma setahun sekali pulang kampung, jadi aku promosi Medan dan Sumut aja yah. Siapa yang tidak mengenal Kota Medan dan Sumut, Danau Toba, Ucok Durian, Soto Medan, Istana Maimoon dan lain-lain.

    Kalau makanan jangan ditanya, kamu kudu banget nyobain makanan Medan yang terkenal dengan beragam rempah-rempahnya. Kamu pasti buncit di Medan. Untuk wisata budaya mungkin kamu bisa nyobain wisata ke Danau Toba pas event Festival Danau Toba. Wisata alam, wuish setahun tinggal di Medan aku yakin kamu nggak bakalan sanggup buat menjelajahinya, karena banyak banget wisata alam, baik yang udah lama maupun yang baru ditemukan. Boleh cek deh di web nya temen aku medanwisata.com.

    Wisata religi bagi muslim bisa singgah ke mesjid raya ataupun mesjid bengkok, bagi hindu bisa singgah ke kuil Shri Mariamman, bagi kristen bisa singgah ke velangkani, budha bisa singgah ke Taman Lumbini ataupun ke Wihara-wihara yang lain.

    Kalau di Medan nya aja bisa menjelajahi bangunan tua, atau melihat lift yang dibangun pertama kali di Medan, bisa banget icip-icip di restauran tertua di Medan, atau nongkrong cantik di Merdeka walk, Suka Durian boleh icip durian medan yang terkenal mantapnya. Oleh-oleh ada pancake durian, bolu meranti atau bika ambon untuk buah tangan orang tersayang. Mau lihat buaya ada penangkaran Buaya, Mandi air panas ada sidebu-debu, ngasih makan orang utan? ada bukit lawang, rafting? banyak sungai besar, Lihat gajah ada tangkahan. Untuk yang dekat-dekat boleh lihat Trip aku ke Brastagi di http://www.mizsipoel.com/2015/01/one-day-trip-at-brastagi.html

    Untuk melihat agenda wisata kota Medan dan Sumatera Utara boleh banget intip di http://www.mizsipoel.com/2015/01/one-day-trip-at-brastagi.html, tapi sayang kalo berkunjung nggak disediain makan ringat ataupun minuman. Mungkin bisa merencanakan dari sekarang mau kemana di Medan ataupun Sumut.

    Ditunggu banget deh kalau mau ke Medan, biar kita susun rencana mau ke mana saja, tapi nggak di traktir yah. Paling kalau kasihan aja lihat kamu, baru aku traktir makan rujak di Simpang Jodoh, Medan Tembung. Hehehee…

    @rin_mizsipoel

  13. Hoah! Kaosnya warna merah >_< wkwkwk

    Nama: Dian Maharani
    Twitter: @realdianmrani93 [https://twitter.com/realdianmrani93]
    Facebook: Dian Maharani Neomu Yeppeo [https://www.facebook.com/dian.maharani.nmyp]
    Blog: realdianmaharani.wordpress.com
    Domisili: Bengkulu

    Hmm, karena ada Ringin Contong sebagai ikon Kabupaten Jombang, saya mau mengenalkan View Tower Bengkulu. View Tower ini sebenarnya bukan ikon utama Kota Bengkulu. Namun, rasanya belum seru jalan-jalan di Bengkulu kalo belum ke Tower ini.
    View Tower adalah tower yang sebenarnya dibangun untuk memantau gelombang laut Samudera Hindia mengingat Bengkulu adalah daerah rawan gempa dan tsunami. Jadi, dengan kata lain tower atau menara ini adalah menara pemantau tsunami kalau-kalau *jangan sampai Ya Allah* tsunami terjadi.
    Tidak hanya itu, tower ini juga diupayakan menjadi tujuan wisatawan lokal maupun luar yang ingin melihat pemandangan seluruh Kota Bengkulu maupun pemandangan luasnya Samudera Hindia karena tower ini dibangun cukup dengan pantai, kurang lebih berjarak satu kilometer. Lapangan di sekitar tower dijadikan lokasi evakuasi bencana jika sewaktu-waktu terjadi, dan di bagian basement atau lantai dasar terdapat diorama dan relief tentang perjuangan rakyat Bengkulu merebut kemerdekaan hingga mengisi pembangunan Indonesia. Walaupun begitu, saya belum pernah naik sampai pucak tower atau mengunjungi basement ini πŸ™ Selain itu, area sekitar tower sudah menjadi tempat andalan anak gaul Bengkulu untuk nongski alias nongkrong bersama keluarga, sahabat atau kekasih hati *eakkkk*

    Ini foto View Tower waktu baru selesai dibangun, jadi lapangannya masih belum cantik *dokumentasi pribadi*
    http://instagram.com/p/JEBqHMCgzQ/?modal=true
    Ini video tentang View Tower yang saya buat untuk mengikuti kontes jalan-jalan. Sayangnya belum beruntung πŸ™ *dokumentasi pribadi*

  14. Nama: Rinta Adita
    Twitter: @rintadita
    Blog: malesmandi.com
    Domisili: Malang – Jakarta – Bekasi – Hatimu *dikeplak*

    berhubung untuk beberapa tahun kedepan (tapi pengennya sih gak lama-lama ya) akan tinggal di Bekasi. Sekarang ini lagi berusaha menggali potensi wisata yang ada di Bekasi meskipun baru nemu dikit doank sih, maklum Bekasi adalah kota industri yang panas, gersang, bahkan banyak yang bilang bukan di bumi saking panas dan gersangnya.

    Beberapa waktu lalu sempet singgah di Danau Cibereum grand Wisata, Bekasi. Tempatnya cukup sejuk dan asri, cocok untuk track bersepeda atau trail running. Di hari libur cukup banyak pedagang-pedagang makanan di sepanjang danau yang berusaha meraup rupiah dari pengunjung yang datang. Ya meskipun gak bisa dibilang bagus banget, tapi danau cibereum ini cukup lumayan sebagai tempat refreshing dari kota yang konon katanya berada di planet lain ini. πŸ˜€

  15. Ikutan ahh
    nama: ophi ziadah
    twitter: @ophiziadah
    blog: ophiziadah.blogspot.com
    Domisili: Ciputat Tangerang Selatan

    Cirebon tuh lengkap deh potensi wisatanya, budaya, alam, kuliner.
    Kalo budaya mulai dari peninggalan sejarah macam keraton sampai budaya pesisir seni tarling (gitar dan suling), semacam sandiwara seni tradisional ala pesisir. Naah seni batik juga merupakan salah satu kebanggaan Cirebon dengan batik khas cirebon seperti motif batik mega mendung dan kawasan desa batik di Trusmi Plered. kalo alamnya selain pantai di sekitar pesisir cirebon yang berbatasan dengan kuningan juga memilki beberapa wisata alam spt danau, gunung, air panas dan lainnya. Satu lagi yang tak kalah seru kulinernya cirebon itu mak nyuss banget, khas dan otentik beberapa di antaranya empal gentong, nasi lengko dan nasi jamblang.
    beberapa tulisan saya seputar cirebon bisa dinikmati di link2 berikut yaa

    http://ophiziadah.blogspot.com/2014/08/kuliner-khas-cirebon-nasi-lengko-nasi.html
    http://ophiziadah.blogspot.com/2014/01/yogyakarta-cirebon-silaturahim.html
    http://ophiziadah.blogspot.com/2014/08/berendam-di-banyu-panas-gempol.htmlhttp://ophiziadah.blogspot.com/2014/08/berendam-di-banyu-panas-gempol.html

  16. Naksir kaosnya bang alid >__< kasian komentarnya kebanyakan, maaf bang .__.v
    Yang pasti di Jakarta Utara ini banyak banget tempat wisata ya kaaan? Selain Mall :p Mangkanyaaa ayoo kalian kapan-kapan main kesini nanti ane ajakin hunting yang seru-seru hehehe πŸ˜€

  17. Nama: Siti Kharismayanti // Twitter : @Kharismayan_ // Domisili : Jakarta Utara

    Ah, potensi wilayah daerah ya bang? Lumayan banyak sih di jakarta utara ini. Ane asli betawi, jadi lumayan sering berkelana naek delman haha. Jakarta utara ini sering dijuluki kota transformer, karena macetnya yang banget-banget isinya cuma kontener doang bff. Tapi jangan salah, disini banyak wisata yang bagus. Selain deretan para mall di sekitar Jakarta Utara seperti Mall Kelapa Gading, Mall Arta Gading, Mall Of Indonesia yang sering dikunjungi para kaum muda dan orang kaya. Ada banyak wisata yang lebih menarik disini seperti : Islamic Centre, Taman Impian Jaya Ancol, Taman Suaka Margasatwa Muara Angke, Pelabuhan Sunda Kelapa, Kampung Marunda (Rumah si Pitung), Musium Bahari, Kampung Tugu, Kampung Luar Batang (Makam Mbah Priok). Lebih lengkapnya ane tulis di blog ya bang, see it πŸ˜€ http://kharismayan.blogspot.com

  18. Ikutan yakk…

    Nama : Fandhy AR
    NIM : F1D010046
    Jurusan Ilmu Politik Unsoed #eh
    Twitter : @vandy_46
    Domisili : Purwokerto

    Di daerahku ada sebuah air terjun yang bagiku itu sangat indah, air terjun ganda yang oleh warga sekitar disebut dengan Curug Penganten “Curug = Air Terjun”. Memiliki tinggi sekitar 35 meter, keindahan yang begitu nyata, namun sayangnya jalur menuju kesana masih sangatlah sulit, karena mesti menembus hutan tua kalipagu baturaden.. Jalanan menuju kesana masih melalui hutan belantara dan bersemak, dan hutan benar-benar masih perawan dan jarang terjamah tangan manusia. Sangat direkomendasikan bagi Dinas Pariwisata Banyumas untuk mengelolanya menjadi tempat wisata andalan banyumas selanjutnya..
    untuk lengkapnya penjelasan bisa dibaca di –> http://fandhyachmadromadhon.blogspot.com/2015/01/curug-penganten-pesona-yang-tersembunyi.html

  19. Indah bangeeeeeettt

    dan masih perawan pula ya..
    belum banyak pedagang & pengunjung yang resek buang sampah sembarangan

    worthy banget kalau dimasukin ke daftar tujuan wisata kalo ke jombang nih ^^

  20. whuzzzz… 3 tahun tinggal di Jombang, malah gak ngerti blas wisata di jombang, selain ES LODEH PAK SEGER hehhe…

    (Kalau dulu ada ‘wisata’ rental VCD kondang namanya JAMIL)

  21. Pgn ke Jombang krn tertarik ama kuliner dan air terjunnya ituuuu.. Duhhh cakep bgt.. Nth kenapa air terjun tempt wisata yg paling aku incer kalo lg jln. Cuma memang yaaa, makin bgs air terjun, makin susah medan k sananya biasa πŸ˜€

  22. Yah yah… Katrok aku ketinggakan GA ini. Myahaha, kapan lg ada GA, mau dong dicolek…

    Btw, makasih buat kunjungannya. Meskipun komenmu mak jleb. πŸ˜€

  23. Om… Jangan lupa, wisata ke alun alun jombang

    dulu sebelum Dija masuk sekolah, Pagi pagi Ibu sering ajak dija jalan jalan ke alun alun
    bawa beras, jagung atau kacang ijo
    ternyata untuk kasi makan merpati

    Dija suuueneng, begitu berasnya dija lempar, merpatinya datang semua
    kayak di luar negeri ya?

  24. Komentarnya oke semua, tapi jangan ngaku WNI kalau belum mengunjungi makam Bpk Proklamator di kota Blitar. Kalau berkunjung ke Blitar di bulan Juni lebih baik karena bulannya bapak Karno. Monggo… Monggo…

Leave a Reply