Kangen Jalan-jalan di Bangkok

60

Fast reader silahkan pergi! Dibaca normal hanya butuh 3 menit dari hidupmu.

Terakhir kali saya ke Bangkok tiga tahun lalu, nggak benar-benar jalan-jalan sih. Begitu mendarat di Bandara Don Mueang di Bangkok saya langsung naik kereta menuju perbatasan Laos. Yang benar-benar jalan-jalan di Bangkok terakhir kali ya sekitar empat tahun lalu malah. Karena sudah lama banget saya jadi kangen ingin liburan ke Bangkok. Apalagi sudah empat tahun berlalu, pasti banyak perubahan. Apa sih yang bikin kangen di Bangkok?

Murah! Bangkok itu murahnya kebangetan. Mulai dari hotel, transportasi, makanan, semuanya sangat ramah di kantong. Apalagi yang demen jajanan kaki lima seperti saya, bisa kekenyangan tanpa menguras kantong. Murah di sini dalam artian ke mana-mana pakai transportasi umum seperti BTS atau tuk-tuk, kalau dekat ya jalan kaki. Makan juga cari yang kaki lima atau minimal food court gitu. Kalau ke mana-mana naik taksi dan makan di restoran mewah ya sama juga gondrong.

Bangkok itu surganya kuliner, tapi harus berhati-hati bagi yang muslim karena banyak jajanan yang mengandung babi. Nggak usah sedih karena yang halal pun mudah ditemui. Saya biasanya melipir berburu kuliner kaki lima ke Victory Monument, atau ke Chinatown di Yaowarat, kalau sore bisa Petchaburi Soi 5 yang ramai gila. Yang nginep di daerah Shukumvit bisa melipir ke Sukhumvit 38, di sana juga surganya jajanan kaki lima. Di akhir pekan bisa ke Chatuchak market. Dan masih banyak lagi tempat jajanan kaki lima di Bangkok yang siap menggoyang lidah. Aduh aku bisa kalap

Aih nulis ini sambil membayangkan makan manisnya mi Pad Thai, punelnya ketan topping mangga Khao Neeo Mamuang atau Inggrisnya mango sticky rice. Sedapnya campuran sea food Tom Yam Kung, dan segarnya rujak Som Tam. Gleeek anjrit ngiler. Jangan takut jatuh miskin karena harganya sungguh ramah di kantong. Saya pernah loh makan Tom Yam Kung yang harganya kalau dirupiahkan nggak lebih dari sepuluh ribu di pasar dekat Grand Palace, kalau di restoran di sini paling murah tiga puluh ribu. Aduh saya bisa kalap jajan di Bangkok.

Abaikan orang gila di sebelah kanan

Bangkok itu menyenangkan! Wisatanya seru, Grand Palace-nya yang megah, kuil-kuil berarsitektur unik. Apalagi wisata malam di Patpong. Banyak mbak-mbak sekseh berpakaian super minim bergelayutan di tiang sambil menari-menari. Aduh tutup mata. Saya ke Patpong padahal niatnya belanja nyari barang KW tapi banyak nightclub yang menawarkan striptease dance. Usut punya usut ternyata Patpong merupakan salah satu red light district-nya Bangkok. Aduh aku polos.

Dari kemarin saya kepikiran dan sakaw pengen banget ke Bangkok, rinduku sudah membuncah. Halah. Kangen naik perahu di Chao Phraya, kangen mblusuk di pasar, kangen foto-foto di Grand Palace, kangen kamu. Inginnya sih liburan akhir tahun ini ke Bangkok sambil lihat kembang api pas malam tahun baru di Central World. Tapi lihat harga tiket pesawat kok rasanya ingin bunuh diri. Yakali mepet begini baru nyari tiket liburan.

Iseng cek di Traveloka ternyata sekarang ada menu baru yaitu pencarian packages (Flight + Hotel). Jadi kita bisa cari penerbangan dan hotel dalam satu kali pencarian. Suatu terobosan yang memanjakan pelanggan setianya yang nggak suka ribet seperti saya. Dalam sekali tekan keluarlah hasil pencarian penerbangan dan pilihan hotel. Lebih mudah dan praktis. Harga? Kalau mepet begini memang jangan harap dapat murah, tapi nyatanya pandangan itu berubah karena dengan packages Traveloka justru bisa dapet harga yang jauh lebih hemat. Serunya lagi ketika sudah menetapkan pilihan kita bisa memodifikasi jam penerbangan ataupun hotel serta mengubah tipe kamar sesuai kebutuhan.

Biar nggak bingung langsung saja buka browser favorit dan buka Traveloka, setelah laman utama terbuka, arahkan kursor ke fitur pencarian (Flight + Hotel). Ketikkan bandara tujuan, contohnya saya yang memilih Bangkok sebagai tempat tujuan wisata. Pilih tanggal keberangkatan dan kepulangan. Di Bagian bawah ketikkan nama hotel jika sudah punya hotel incaran, atau ketikkan nama kota tujuan jika tidak punya referensi nama hotel. Pilih tanggal check in dan tanggal check out. Jika semua sudah tinggal tekan tombol cari. Sistem akan memilihkan pilihan deal yang terbaik. Kalau saya sih selalu sortir yang paling murah hahaha.

Dari hasil pencarian pilih yang sesuai dengan bujet dan dan layar akan menampilkan detail penerbangan dan nama hotel serta tipe kamar. Jika jam penerbangan nggak sesuai ataupun hotel tidak selera karena ratingnya kurang bagus. Bisa loh dimodifikasi pada bagian ini. Kalau semua sudah OK lanjutkan ke laman berikutnya untuk pengisian nama penumpang. Terakhir tinggal bayar. Mudah kan? Fitur pencarian packages (Flight + Hotel) juga bisa diakses melalui aplikasi smartphone loh.

Ubah penerbangan atau ubah hotel serta tipe kamar pun mudah

Hayo siapa yang mau ikutan saya liburan akhir tahun di Bangkok? Buruan beli paket penerbangan dan hotel di Traveloka. Nanti kita jajan jangkrik goreng, dan nonton kembang api di Central World pas malam tahun baru, kemudian lanjut dugem di Soi Cowboy sampai pagi hohoho.

Happy traveling!

60 COMMENTS

  1. Dulu ke Bangkok cuma 2 hari efektif, gak banyak yang bisa dilihat. Tapi lumayanlah bisa ke Grand Palace walau itu ngabur dari rombongan. Sama, kangen juga nih sama Bangkok. Pingin touringan gitu blusukan ke kota-kotanya. Keknya seru.

  2. 2 bulan lalu pertama kali ke bangkok, cuma 3 hari, masihi kurang 🙁 . Tahun baru ini pasti ramai, nanti tahun depan nyoba nge plan pakai paket pesawat hotel traveloka ah 🙂

  3. Terakhir ke Bangkok, aku sekitar setahun yang lalu. Tapi ya tetap saja pengen lagi karena belum blusukan seperti Kang Alid di atas. Bangkok bikin kangen..Eh maksudnya tulisan ini bikin kangen pada bangkok

  4. Selain Singapura & Malaysia, Thailand menjadi negara yang paling sering dikunjungi wisawatan Indonesia.
    Kamu pas di sini dikira orang Thailand nggak mas? Buahahahah.
    Tetetp pose fotomu epik, sesuk rep foto bareng ngono kui rak? 😀

  5. Aku belum pernah ke Bangkok, pinginya pas ke sana ntar bawa Ayam Bangkok, biar ayamnya jadi sakti.

    Lihat foto2mu itu, Aku kok jadi percaya kalau kamu belakangan ini perawatan 🙂

  6. Aku punya pengalaman love and hate relationship sama Bangkok ini. Kameraku yang mahal banget itu jatuh dan patah pas main di Bangkok. Hiks. :'(

    Gak bisa ke Grand Palace karena masih masa berkabung. Tapi semua yang disebut di mari udah dijamah. Makanan (kecuali yang haram2) udah diicip-icip. Paling aman emang makan Pad Thai aka mie gorengnya Thailand dan manggo sticky rice. Bahkan mau beli KFC wae aku yang suci dan polos ini masih harus berpikir dua kali.

    Kalau masalah kehidupan malam dan ladyboy? No comment ah. Nanti mau bikin postingan tentang masa-masa ‘nakal’ ituuu 😛

  7. Aaaaaaak ku kudy sangu berapa kalo kepengen blanja blanji barang kw di sana? Btw kok situ jelata amat makan tomyam sepuluh ribuan dipamerin.
    Oiya bedabya jangkring goreng sana dengan jangkrik goreng nya gunung kidul apaan?

  8. Aku ke Bangkok itu tahun 2014 kalo ga salah. Dan selalu pengen balik. Soalnya bener-bener murah. Dan disana transportasi umumnya enak. Cuacanya juga mirip kayak Jakarta.

    Cari tiket aaaah ~

  9. Samaaaaaa, bangkok ato kota2 lain di thailand kyk chiang rai, chiang mai, juga fav ku banget. 2018 udh bikin planning lg, pgn ikut victoria cruise yg berlayar lewatin thailand. Jd stidaknya bisa ngerasain kapal pesiar, plus turun di thailand :D. Makanan sih yg paling aku seneng kalo kesana. Ama buah2an ya mas. . Sampe skr, aku blm nemuin buah2an tropis seenak punya thailand 🙂

    • Busyett kapal pesiar, aku tipenya gak demen staycation sih ahaha. Bener buah-buahannya maknyus banget. Aku coba bikin ketan pake mangga di sini kok rasanya gak seenak di Bangkok ya wkwkkw

  10. akoooh suka Bangkok, terutama karena kulinernya yang enak2.. untung punya teman orang sono jadi bisa minta tolong dia bacain semua isi menu, jadi kalo ada babiinya bisa langsung di skip. hehehehe

  11. “Banyak mbak-mbak sekseh berpakaian super minim bergelayutan di tiang sambil menari-menari” <– asli atau kw nih? :V

    Penasaran jajanan kaki limanya yg macem2 dan murah2 euy..

    -Traveler Paruh Waktu

Leave a Reply